29 June 2009

Osis: Untuk Apa?

Tujuan pendidikan adalah mengusahakan agar para siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia seutuhnya. Manusia yang utuh tersebut memiliki keseimbangan antara kemampuan intelektual, mental, emosional, dan spiritualnya. St. Kartono dalam bukunya ‘Menebus Pendidikan yang Tergadai’ memberi rumusan bahwa ‘membentuk manusia seutuhnya’ harus diwujudkan dengan memberi perhatian secara berimbang pada tiga komponen --otak, hati, dan tangan— dalam pembentukan pribadi siswa. (2002:5)

OSIS adalah salah satu kegiatan kesiswaan dengan keanggotaan bersifat wajib dan menyeluruh yang diselenggarakan sekolah untuk membantu siswa menyelaraskan fungsi otak, hati, dan tangannya. Lewat OSIS diharapkan kita dapat belajar siapa diri kita sebenarnya, sebagai pribadi, kelompok, organisasi, dan bagian masyarakat bangsa dan negara Indonesia. (Harefa, 2001:14)

OSIS diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan segi sosial, religi, budi pekerti, dan mengimbangi kegiatan olah otak yang berlangsung di kelas. Karena itu, seharusnya program OSIS diarahkan pada ‘character building & leadership’ sehingga dapat menggiring siswa lebih dekat ke sasaran pendidikan yakni membentuk manusia yang utuh. Sayangnya, fakta yang terjadi di sekolah kita tidak seperti teorinya. OSIS dan programnya belum mampu menjawab kebutuhan akan sarana pengembangan karakter dan kepemimpinan bagi semua siswa. Sejauh ini, tujuan/ focus yang hendak dicapai dalam setiap periode kepengurusan masih kabur.

Kebanyakan kegiatan berjalan adanya, tanpa disadari oleh semua pihak apa maknanya, apa tujuannya, nilai apa yang diharapkan diperoleh. Pelaksanaannya menjadi sebatas karena rutinitas dan ‘kewajiban’ melestarikan tradisi.

Program OSIS yang cuma berisi sepenggal-sepenggal kegiatan (seolah Osis adalah event organizer yang mengatur Valentine-an, Kartinian, classmeeting, Agustusan), menyebabkan kebutuhan akan media belajar dan berekspresi yang eksis tidak terpenuhi. Ruang dimana siswa berkesempatan latihan berpikir, berpendapat, jujur, peka, berimajinasi, bertanggung jawab, dan ‘membiasakan diri’ menjadi manusia utuh sulit ditemukan.

Di SMP saya dulu, (SMP? Bayangkan!) Ada mading yang terbit 2 mingguan dan digarap bergantian tiap kelas. Mading itu menjadi ajang sharing pendapat, tempat untuk bicara menanggapi masalah yang terjadi di masyarakat atau sekolah. Disadari atau tidak, mading itu kemudian juga melatih disiplin, tanggung jawab, kreativitas, bahkan kesetiakawanan. Bagaimana dengan Jeungjing?? Bukankah kian hari siswa seharusnya butuh punya lebih banyak ruang untuk melatih semua itu?

OSIS yang berfungsi tidak maksimal mengakibatkan berkurangnya kesempatan menyeimbangkan fungsi otak, hati, dan tangan anggotanya sehingga tujuan pendidikan tidak tercapai. Dampaknya, bisa dilihat. Banyak orang berusia dewasa, tapi belum menunjukkan kematangan dalam berpikir, bertindak, dan merasa. Hasilnya adalah munculnya koruptor, pengangguran, teroris, dan ketidakberesan lain. Hal ini akan berlanjut bila dari sekarang generasi mudanya tidak dipersiapkan dengan benar untuk menjadi manusia yang kritis, rasional, bertakwa, bermoral, cinta tanah air.

OSIS kita harus dikembalikan lagi ke fungsi asalnya. OSIS perlu dibenahi. Pembenahan ini mungkin ketika semua pihak mau kerja bareng melakukannya. Pengurus OSIS belajar lebih peka melihat kebutuhan sarana aktualisasi diri teman-teman, dan mau susah-susah memaknai kembali kegiatan yang sekarang seperti kehilangan ‘identitas’. Pendamping OSIS mau menjalankan tugasnya dengan total, yakni dengan cara mempercayai siswa untuk mencoba melakukan sesuatu dengan caranya sehingga dapat belajar dari kesalahan. Anggota OSIS mau ikut aktif mendukung terciptanya atmosfer pendidikan yang sedang berusaha diciptakan. Dan, pihak-pihak lain, (guru, kurikulum, humas, orangtua/wali) mau belajar bersikap terbuka bahwa putra-putrinya membutuhkan proses belajar lain di luar bid. akademis.

Pembenahan ini mendesak! Pemenuhan kebutuhan akan hadirnya orang-orang yang tangguh dalam ilmu, kepribadian, kepemimpinan, dan hub. sosial tidak bisa lagi ditunda. Leader in education, education for leader, semoga visi sekolah ini bisa diwujudkan melalui program OSIS yang makin berkualitas, inspiratif, inovatif, dan bermanfaat bagi diri pribadi dan sesama. Semoga!

27 June 2009

PROGRAM KERJA OSIS MASA BAKTI 2008 / 2009

Alhamdulillah akhirnya OSIS SMP Negeri 2 Selaawi masa bakti 2008 / 2009 telah menyelesaikan penyusunan program kerja OSIS masa bakti 2008 / 2009. Semoga program kerja yang telah disusun oleh pengurus OSIS ini dapat bermanfaat bagi pengurus OSIS khusunya dan seluruh warga SMP Negeri 2 Selaawi pada umumnya.
Berikut petikan program kerja seutuhnya



PROGRAM KERJA OSIS
SMP NEGERI 2 SELAAWI
MASA BAKTI 2008 – 2009


KETUA

Program :
1. Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan OSIS kepada Kepala Sekolah
2. Memutusakan atau mengambil kebijakan dalam kegiatan OSIS
3. Mengontrol seluruh kegiatan OSIS.
4. Ikut membantu anggota dalam melaksanakan tugas

WAKIL KETUA :

Program :
1. Membantu ketua
2. Membantu seluruh anggota dalam melaksanakan tugas
3. membantu seluruh anggota dalam melaksanakan tugas

SEKRETARIS :

Program :
1. Mendampingi ketua umum dalam memimpin setiap rapat OSIS
2. memberi saran kepada kutua umum dalam mengambil keputusan
3. Pembuatan notulen dalam rapat
4. Mencatat prestasi-prestasi yang diraih SMP Negeri 2 Selaawi
5. Menyiapakan laporan surat hasil rapat dan evaluasi kegiatan
6. Mengurus absensi OSIS
7. Mencatat keterlambatan siswa pada saat upacara
8. Mencatat inventaris ruang OSIS setiap bulan
9. Membantu sekretaris umum dalam menyelesaikan tugas

WAKIL SEKRETARIS :

Program :
1. Mencatat surat yang masuk dan keluar untuk OSIS
2. Meneruskan surat yang masuk dan keluar kepada yang bertugas
3. Mengurus absensi kelas
4. Membantu sekretaris dalam melaksanakan tugas

BENDAHARA :

Program :
1. Mengurus keuangan OSIS
2. mengatur dan mengawasi pemasukan dan pengeluaran keuangan OSIS
3. Membuat proposal
4. Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan dan pengeluaran uang atau
Biaya yang diperlukan dalam eluruh kegiatan OSIS
5. Membuat tanda bukti kwitansi atau nota setiap pemasukan dan pengeluaran uang untuk
pertanggungjawaban.

BIDANG-BIDANG.

A. KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

Program :
1. Memperingati hari-hari besar agama
2. Membantu seluruh sie agama dalam menjalankan tugasnya
4. Membantu kegiatan pesantren kilat
5. Mengadakan acara buka puasa bersama


B. PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA DAN KEHIDUPAN BERBANGSA

Program :
1. Menjadi panitia dalam MOS
2. Menyukseskan MOS dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendisiplinkan dan
melatih mental siswa-siswi baru
3. Menyukseskan MOS dengan mendatangkan lembaga-lembaga yang terkait (dari
lembaga kesehatan dan pramuka)
4. Mengadakan perkemahan pada saat akhir MOS
5. Membantu dalam melatih upacara
6. Membantu dalam mengadakan sidak
7. Membantu dalam pelatihan CCKO (Calon-calon Kader OSIS)
8. Mengadakan upacara bendera setiap hari senin
9. Membantu dalam melatih CCKO (Calon-calon Kader OSIS)
10. Membantu dalam upacara pembukaan dan penutupan MOS
11. Membantu mengadakan bakti sosil
12. Menambah, mengganti dan menjaga berbagai kelengkapan upacara
13. Mengadakan upacara bendera untuk memperingati hari-hari besar nasional

C. KEPRIBADIAN DAN BUDI PEKERTI LUHUR

Program :
1. Berupaya melaksanakan tata karma siswa
2. Mengadakan kegiatan social atau amal ke panti asuhan
3. Mengadakan Sidak
4. Mengadakan penertiban dalam berpakaian yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin,
pada waktu upacara bendera

D. BERORGANISASI, PENDIDIKAN POLITIK DAN KEPEMIMPINAN

Program :
1. Menyiapkan kegiatan pencalonan calon-calon kader OSIS
2. Membantu dalam pelaksanaan MOS pada siswa baru
3. Mengembangkan sikap kepemimpinan , kedisiplinan, dan kemandirian bagi calon
kader OSIS

E. PERSEPSI, APRESIASI DAN KREASI SENI

Program :
1. Menjalankan kegiatan MADING dan Bulletin Sekolah
2. Membantu ektrakulikuler yang berhubungan dengan lomba dalam bidang kesenian
Agama, daerah, maupun nasional
3. Membantu dan memotivasi dalam rangka kegiatan lomba yang berhubungan dengan
kesenian serta membantu menyimpan sarana dan prasarana untuk kesenian
4. Menangani segala kegiatan yang berhubungan dengan seni

F. KESEGARAN JASMANI

Program :
1. membantu menyukseskan Porjar dan Porseni
2. Berusaha meningkatkan prestasi SMP Negeri 2 Selaawi dalam bidang olahraga
3. Mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan olah raga

18 June 2009

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) T.P 2009/2010

Free Website Hosting



SMP NEGERI 2 SELAAWI

PENDAFTARAN

ü Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan mulai tanggal 29 Juni s.d 3 Juli 2009, pukul 08.00 s.d 12.00 WIB kecuali hari Jum’at, pukul 08.00 s.d 11.00 WIB.

ü Pendaftaran dilakukan secara tertulis dengan format khusus yang disediakan oleh Dinas Pendidikan.

ü Calon peserta didik dapat memilih SMP Negeri maksimal 3 (tiga) pilihan

ü Pilihan pertama adalah SMP Negeri tempat calon peserta didik mendaftar.


PERSYARATAN

1. Memiliki Ijazah SD/MI atau Ijazah Paket A atau Surat Keterangan berpenghargaan sama dengan Ijazah SD/MI atau Ijazah Luar Negeri yang dinilai/dihargai/setingkat dengan Ijazah SD yang di dalamnya memuat Nilai Ujian Akhir.

2. Memiliki Daftar Nilai UASBN.

3. Setinggi-tingginya berusia 18 tahun pada tanggal 13 Juli 2009.

4. Menyerahkan :

a. Formulir Pendaftaran

b. Surat Keterangan LULUS dari Kepala Sekolah Asli

c. Daftar Nilai UASBN Asli

SELEKSI CALON PESERTA DIDIK BARU

1. Seleksi calon peserta didik baru yang berasal dari Kota Garut :

a. Menggunakan sistem jurnal

b. Rumus Jurnal adalah :

Nilai Jurnal = ∑ N.UASBN

Keterangan :
∑ N. UASBN = Jumlah Nilai UASBN

2. Calon Peserta Didik baru yang berasal dari luar Kota Garut:

Peserta didik baru dari luar Kota Depok dapat diterima maksimal 5% dari daya tampung, sepanjang memenuhi Passing Grade.

PENGUMUMAN

  1. Hasil Jurnal diumumkan di tingkat satuan pendidikan Pukul 15.00 WIB.
  2. Pengumuman calon peserta didik baru yang diterima dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2009, pukul 08.00 WIB

DAFTAR ULANG

  1. Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima harus mendaftar ulang pada tanggal 6 s.d. 7 Juli 2009 pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, bagi calon peserta didik yang tidak mendaftar ulang dinyatakan mengundurkan diri.
  2. Mekanisme pengisian kekosongan daya tampung diisi oleh calon peserta didik baru yang menjadi cadangan, sesuai peringkat jurnal.
  3. Pengumuman kekosongan daya tampung dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2009 pukul 12.00 WIB, dan pengisiannya akan ditetapkan berdasarkan urutan peringkat jurnal.
  4. Pendaftaran ulang calon peserta didik baru yang diterima menggunakan formulir khusus yang disediakan oleh tingkat satuan pendidikan.

11 June 2009

Sholat

Mengapa banyak orang yang rajin shalat masih tetap korupsi? Mengapa banyak orang yang terbiasa shalat tapi sakit-sakitan? Mungkin,,, shalat orang itu belum khusyuk.” Kekhusyukan dalam shalat merupakan kunci agar shalat itu benar-benar membekas seperti penegasan Allah dalam Alquran, ”Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar.”

Lalu, mengapa banyak orang yang belum khusyuk shalatnya? Hal itu, karena mereka belum memahami tatacara shalat yang khusyuk. ”Betapa banyak orang yang setiap hari mengerjakan shalat, namun mereka tidak mengetahui cara mencapai shalat yang khusyu”. Banyak hal yang bisa perlu diperhatikan agar sholat berjalan dengan khusyu, tapi salah yang terpenting adalah kita faham, ngerti dengan
bacaan sholat itu sendiri,,,, bersambung,,

09 June 2009

RPP TIK Kelas IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet¬
Kompetensi Dasar : 21 Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet / Intranet¬
Indikator : Menjelaskan pengertian dasar-dasar sistem jaringan Internet ¬
Menjelaskan pengertian dasar-dasar sistem jaringan Intranet¬
Alokasi Waktu : 1 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1) Menjelaskan pengertian Internet dengan benar
2) Menjelaskan pengertian Intranet denagn benar

B. Materi Pembelajaran
Pengertian Internet / Intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Peserta didik membentuk kelompok diskusi.

2. Kegiatan Inti.
Kelompok mengerjakan sesuai LKS.
Peserta didik menemukan pengertian Internet dan Intranet.
Kelompok membuat resume tentang pengertian Internet dan Intranet.
Melakukan presentasi kelompok.

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan pengertian Internet dan Intranet

E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket,lembar kerja

F. Penilaian
1) Teknik
Tes tertulis

2) Bentuk Instrumen
Uraian

3) Instrumen / Soal
1. Jelaskan Pengertian Internet
2. Jelaskan Pengertian intranet
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet¬
Kompetensi Dasar : 22 Memahami dasar-dasar siatem jaringan di Internet dan Intranet.¬
Indikator : Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan Internet.
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan Intranet.¬
Alokasi Waktu : 2 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka, peserta didik mampu:
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan Internet dengan benar.
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan Intranet.
Menggambarkan topologi jaringan Internet / Intranet.

B. Materi Pembelajaran
Dasar – dasar jaringan internet / intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2X40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian Internet/Intranet.

2) Kegiatan Inti.
Mengamati visualisasi jaringan Internet / Intranet (workgroup, LAN, WAN)

3) Kegiatan Penutup
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket,koneksi Internet, tayangan.

F. Penilaian
1) Teknik
Tes tertulis
2) Bentuk Instrumen
Uraian
3) Soal Instrumen
1) Jelaskan pengertian jaringan Internet!
2) Jelaskan pengertian jaringan Intranet!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet¬
Kompetensi Dasar : 23 Mengenal ukuran kecepatan akses Internet.¬
Indikator : Menjelaskan ukuran kecepatan akses Internet.¬
Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses Internet
Alokasi Waktu : 2 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka, peserta didik mampu:
Mengetahui ukuran kecepatan akses Internet.
Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan.
Menentukan ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.

B. Materi Pembelajaran
Ukuran kecepatan akses Internet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
Mengingatkan kembali materi dasar – dasar jaringan Internet / Intranet.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2) Kegiatan Inti.
Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet.
Melakukan akses internet dengan koneksi salah satu ISP untuk mengukur kecepatan akses internet.

3) Kegiatan penutup.
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket,koneksi internet

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Uraian / pilihan ganda
3. Contoh Instrumen
1) Jelaskan ukuran kecepatan akses Internet!
2) Identifikasi ukuran kecepatan akse internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!

Tes tertulis
1) Sebukan kecepata akses internet pada ISP;
a. Indosat 3,
b. Accesnet,
c. Wasantara
2) Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet

Lembar Observasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet¬
Kompetensi Dasar : 24 Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet¬
Indikator : Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet.¬
Menunjukkan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet¬
Menunjukkan fungsi perangkat keras untuk keperluan akses internet¬
Alokasi Waktu : 8 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses Internet.
Menunjukkan perangkat keras untuk akses Internet .

B. Materi Pembelajaran
Persyaratan perangkat keras Internet / Intranet.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2) Kegiatan Inti.
Menyajikan model / diagram jaringan Internet/intranet
Peserta didik dapat menunjukan perangkat keras .
Disajikan gambar perangkat keras internet dan peserta didik mampu menjodohkannya dengan istilah yang telah ditentukan..
Melalui studi pustaka peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari perangkat yang digunakan untuk mengakses Internet/intranet

3) Kegiatan penutup.
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Menarik kesimpulan tentang prasyarat perangkat keras untuk akses internet.

Pertemuan kedua ( 2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
Menyampaikan kembali mengenai materi yang pernah disampaikan pada pertemuan pertama.

2) Kegiatan Inti.
Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang ada.
Menunjukkan nama alat – alat untuk akses internet seperti modem, jaringan, telepon dan lain-lain.
Memberikan penjelasan mengenai fungsi perangkat keras.

3) Kegiatan penutup.
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Menarik kesimpulan tentang prasyarat perangkat keras untuk akses internet/intranet

E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket,koneksi internet/intranet

F. Penilaian
1) Teknik
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes unjuk kerja

2) Bentuk Instrumen
Tes identifikasi
Uraian
Tes identifikasi

3) Contoh Instrumen
1. Tunjukkan perangkat-perangkat keras untuk akses Internet!

Tes tertulis
1. Jelaskan ukuran kecepata akses internet.
2. Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet¬
Kompetensi Dasar : 25 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet¬
Indikator : Menguraiakan cara-cara penyambungan Internet/Intranet.
Melakukan sambungan Internet menggunakan Dial Up¬
Alokasi Waktu : 2 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Dengan melalui studi pustaka dapat menjelaskan beberapa cara sambungan Internet.
Melalui simulasi dapat melakukan sambungan Dial Up.
Dengan pengalaman simulasi dapat melakukan sambungan di lab komputer secara Dial Up.

B. Materi Pembelajaran
Penyambungan Internet / Intranet.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Menanyakan tentang prasyarat menggunakan akses Internet.

2) Kegiatan Inti.
Mencari informasi di media cetak untuk memperoleh berbagai cara sambungan Internet.
Menanyakan contoh sambungan internet/intranet.
Mengerjakan lembar kerja.

3) Kegiatan penutup.
Melakukan refleksi bersama tentang pelajaran yang sudah disampaikan.
Membuat kesimpulan .
Memberi tugas.

Pertemuan Kedua ( 2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
a. Mendiskripsikan tugas minggu lalu.

2) Kegiatan Inti.
Pesrta didik membentuk kelompok.
Melakukan penyambungan Internet secara Dial Up.
Memandu kelompok yang mengalami kesulitan tentang penyambungan Dial Up antar kelompok dengan guru..
Memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa.

3) Kegiatan penutup.
Mendikripsikan kembali langkah-langkah tentang penyambungan Dial Up.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet/intranet

F. Penilaian
1) Teknik
Observasi
Unjuk kerja

2) Bentuk Instrumen
Lembar Observasi
Uji prosedur

3) Soal/ Instrumen
Observasi
Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan Dial Up !

Uji prosedur
Melakukan penyambungan internet menggunakan Dial Up.

Melakukan setting Dial Up¬ ¬ ¬ ¬ ¬ ¬
1. Klik 2 kali (double klik) My Computer kemudian double klik icon dial networking.¬
2. Kemudian double klik Make New Conection.¬
3. Ketik nama provider pada type a name for the computer you are dialing, misalnya telkomnet kemudian tekan next, maka computer akan minta telepone number beserta area code dan country or region code-nya. Nomor telepone telkomnet adalah 080989999, kemudian tekan next dan selanjutnya tekan finish.¬



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 2 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh Informasi¬¬
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendemonstrasikan cara akses Internet sesuai dengan prosedur.¬¬
Indikator : Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk akses Internet.¬
Menulis nama-nama domain di address bar.¬
Melakukan pelacakan alamat Web melalui Search engine¬¬
Alokasi Waktu : 4 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran¬
Peserta didik mampu:¬Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet.¬Mengidentifikasi nama domain internet.¬Membuka situs.-Mengidentifikasi situs yang menyediakan search engine internet.¬Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine.¬

B. Materi Pembelajaran¬
Akses Internet¬Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet .¬Penulisan nama domain.¬ Search domain¬

C. Metode Pembelajaran¬
Pendekatan : CTL¬
Model : Cooperatif Learning¬

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran¬
Pertemuan Pertama ( 2 X 40 )¬

1) Kegiatan pendahuluan.¬
a. Menayangkan beberapa contoh tentang penggunakan Internet.¬
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2) ¬¬Kegiatan Inti.¬
Peserta didik membentuk kelompok diskusi.¬
Mengamati perangkat lunak yang terinstall dikomputer yang digunakan untuk mengakses internet.¬
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang perangkat lunak digunakan untuk akses Internet.¬
Membuka perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet.¬Melakukan pengetikan domain pada address bar.¬
Mengerjakan lembar kerja.¬¬

3) Kegiatan penutup.
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.-Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat Tenologi Informasi dan komunikasi.

¬¬

Pertemuan Kedua ( 2 X 40 )¬
1) Kegiatan pendahuluan.¬
Mendiskripsikan tugas minggu lalu.¬¬

2) Kegiatan Inti.¬
Pesrta didik membentuk kelompok diskusi.¬
Mencari informasi di media cetak ( buku, majalah dsb) tentang situs yang menyediakan searcg engine.¬
Membuka situs yang menyediakan search engine.¬
Melakukan pelacakan web dan informasi melalui fasilitas search engine.¬
Mengerjakan lembar kerja.¬¬

3) Kegiatan penutup.¬
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.¬
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran akses internet.¬

E. Sumber Belajar¬
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet, media cetak ( majalah dsb)

F. ¬¬Penilaian¬
1. Teknik
a. Observasi¬
b. Unjuk kerja¬¬

2. Bentuk Instrumen ¬
a. Lembar observasi
b. ¬Uji prosedur¬¬

3. Contoh Instrumen¬
a. Observasi¬
1. Tunjukkan perangkat lunak yang digunakan unuk mengakses internet yang terinstall di computer!¬
2. Tunjukkan situs yang menyediakan fasilitas search engine!¬
3. Carilah situs tentang penjualan computer!¬¬¬

b. Uji prosedur¬
1. Bukalah internet dengan perangkat lunak yang terinstall di computer!¬
2. Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi dan pendidikan yang ada di internet!¬¬
¬


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet¬
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengidentifikasi layanan informasi yang ada di Internet.¬
Indikator : Mendiskripsikan manfaat layanan Internet.¬
Mengidentifikasi manfaat layanan e-mail yang ada di internet.¬
Alokasi Waktu : 6 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan Internet Explorer peserta didik dapat mengidentifikasi layanan yang ada di Internet.
Dengan menggunakan layanan internet peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat layanan internet.
Dengan studi pustaka peserta didik dapat mengetahui manfaat layanan internet.
Dengan studi pustaka peserta didik dapat membuat e-mail, mengirim e-mail, menerima dan membuka e-mail.

B. Materi Pembelajaran
Layanan Internet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2) Kegiatan Inti.
Melihat tayangan pelayanan yang ada di internet.
Peserta didik membuat e-mail dengan menggunakan e-mail gratis dari Yahoo.
Membuka salah satu situs yang memiliki layanan e-mail gratis.

3) Kegiatan penutup.
Menarik kesimpulan tentang layanan internet

Pertemuan Kedua ( 2 X 40 )

1. Kegiatan pendahuluan.
Mendiskripsikan pertemuan sebelumnya.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti.
Pesrta didik membentuk kelompok diskusi.
Membuka berbagai alamat Web.
Menyimpulkan manfaat layanan internet.
Mencari informasi di media cetak tentang manfaat internet.

3. Kegiatan penutup.
Merefleksikan kembali materi layanan internet.
Menarik kesimpulan tentang layanan internet.

Pertemuan Ketiga2 X 40 )

1) Kegiatan pendahuluan.
Motivasi dan apersepsi.

2) Kegiatan Inti.
Pesrta didik membentuk kelompok diskusi.
Membuka Web yang membuka layanan e-mail gratis ( Yahoo )
Membuka fasilitas e-mail di yahoo.
Melakukan proses regristasi ( Sign up now)
Memilih e-mail gratis ( sign up for yahoo email )
Mengisi formulir ( agree)
Membuka e-mail yang telah dibuka.
Membuka e-mail yang masuk.
Membuka dan mengirim e-mail.

3) Kegiatan penutup.
Merefleksikan kembali materi yang telah disampaikan
Menarik kesimpulan.

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet, media cetak ( majalah dsb)
F. Penilaian
1) Teknik
Observasi
Tes tertulis

2) Bentuk Instrumen
Lembar observasi
Uraian

3) Contoh Instrumen
Observasi
Tunjukkan layanan yang terdapat di internet!

Uraian
Jelaskan manfaat layanan internet ( e-mail)
1. Tunjukkanlah langkah – langkah untuk membuat alamat e-mail gratis melalui yahoo¬ ¬ ¬ ¬ ¬ ¬
2. Melakukan pengisian formulir regristrasi¬ ¬ ¬ ¬ ¬ ¬
3. Membuka surat ( e-mail ) masuk¬ ¬ ¬ ¬ ¬ ¬
4. Mngirim atau membalas e-mail¬ ¬




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 2 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh Informasi¬¬
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat.¬
Indikator : Men-download informasi
Mengolah informasi menggunakan program pengolah kata dari hasil download¬
Alokasi Waktu : 4 x 40¬

A. Tujuan Pembelajaran
Pesrta didik mampu
Melakukan pelacakan dengan mengakses internet.
Melakukan proses download.
Melakukan proses penyimpanan hasil download.
Melakukan pengolahan informasi melalui download dengan program pengolah kata.

B. Materi Pembelajaran
Men-download informasi dari internet.
Pengolahan informasi dari internet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperatif Learning

D. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 X 40 )
1. Kegiatan pendahuluan.
a. Mengingatkan kembali pembelajaran terdahulu.
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti.
Peserta didik membentuk kelompok
Membuka Web yang dipilih
Mencari informasi dan memilih tentang pendidikan.
Melakukan proses download.
Menyimpan hasil download pada media penyimpanan data.
Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan penutup
Melakukan resume hasil proses download.

Pertemuan Kedua ( 2 X 40 )

1. Kegiatan pendahuluan.
Mengingatkan kembali pembelajaran terdahulu.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti.
Pesrta didik membentuk kelompok diskusi.
Membuka kembali hasil download dengan program pengolah kata.
Mengolahnya hingga mendapatkan informasi sebagai karya tulis.

3. Kegiatan penutup.
Mengolah informasi yang diperoleh menggunakan program pengolah kata.

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet, media cetak ( majalah dsb)

F. Penilaian
1. Teknik
Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen
Tes Identifikasi
Uji prosedur produk

3. Soal / instrument
Tes identifikasi
Tunjukan cara mencari informasi pendidikan di internet!
Bukalah situs yang memberikan ionformasi tentang pendidikan tersebut.
Pilihlah informasi penting dan download lah!
Simpanlah ke media penyimpanan data.

Uji prosedur produk.
Bukalah hasil download dengan program pengolah kata.
]Olah hingga berbentuk informasi!
Hiasi dengan tampilan menarik dan cetaklah.

blogger templates | Make Money Online