11 May 2009

Cara membuat situs gratis dengan nama sendiri

Mempunyai situs pribadi di layanan gratis seperti Geocities, Tripod, atau sejenisnya ternyata tidak cukup membuat penggunanya puas. Andi, seorang mahasiswa perguruan tinggi di Semarang, menginginkan untuk bisa memiliki alamat internet yang lebih singkat. Alamat tersebut diharapkan dapat menaikkan gengsinya ketika dikunjungi oleh rekan-rekannya. Jika sebelumnya alamat internet yang diperoleh dari layanan Geocites cukup panjang dan tidak bergengsi, yaitu http://geocities.yahoo.com/andi2005, maka alamat yang diinginkannya saat ini harus lebih singkat, misalnya http://www.andi.com. Dengan alamat yang singkat seperti itu, ia merasa tidak ragu mencatumkannya di dalam kartu nama. Padahal jika dilihat dari daftar harga beberapa penyedia jasa layanan internet, harga sebuah alamat internet berkisar 80 ribu sampai 125 ribu rupiah untuk penggunaan setiap tahunnya. Harga yang cukup tinggi bagi kantong pelajar/mahasiswa, apalagi jika fungsi alamat tersebut bukan untuk kepentingan yang jelas-jelas menghasilkan nilai tambah.
Masalah dan keinginan untuk memiliki alamat internet di atas seringkali dialami oleh banyak pemilik situs gratis, bukan hanya oleh Andi semata. Tetapi sesuai dengan prinsip ekonomi, mereka perlu mengeluarkan pengorbanan yang lebih untuk memperoleh fasilitas yang lebih lengkap. Diperlukan sejumlah uang untuk mendapatkan alamat internet yang lebih representatif. Namun jika ternyata tidak tersedia dana yang cukup untuk membeli alamat internet yang diinginkan, bukan berarti tidak ada solusi.
Tersedia banyak alternatif free domain atau alamat internet gratis yang tidak dipungut biaya apapun. Asalkan sudah pernah memiliki situs di internet sebelumnya, maka Anda dapat menggunakan alamat tersebut. Contoh variasi alamat internet yang dapat digunakan antara lain www.nama-anda.tk, www.nama-anda.mypage.org, www.nama-anda.fanclub.ms, www.nama-anda.run.to, dan masih banyak lagi. Banyak pengguna internet yang merasa terbantu dengan penggunaan alamat tersebut. Selain lebih singkat dan mudah diingat, penggunaan alamat tersebut tidak mengesankan murahan.
Namun terdapat kekurangan yang perlu Anda ketahui dalam pemanfaatan layanan gratis tersebut, yaitu adanya banner iklan yang dimunculkan oleh penyedia jasa layanan free domain pada saat alamat tersebut diakses. Iklan tersebut umumnya merupakan sumber penghasilan penyedia jasa layanan dalam menyediakan dan memelihara fasilitas gratisnya untuk Anda. Tanpa adanya iklan, penyedia jasa akan kesulitan memperpanjang hidup layanan yang disediakan. Meskipun seringkali menjengkelkan, namun iklan adalah konsekuensi dari pemanfaatan layanan yang tidak berbayar.
Selain iklan, kekurangan lainnya adalah hak kepemilikan dan pengelolaan domain yang tidak berada di tangan Anda, akan tetapi di tangan penyedia jasa. Jika penyedia jasa bangkrut, maka alamat tersebut juga ikut hilang. Apabila penyedia jasa tiba-tiba memutuskan untuk memungut biaya pada layanan gratis yang Anda gunakan, maka pengguna tidak akan bisa berkutik. Hal ini dikarenakan semua setting alamat dan server berada di tangan penyedia jasa sepenuhnya.
Namun sejauh ini cukup banyak penyedia jasa yang tetap bertahan sampai sekarang. Bahkan ada yang tetap memberikan layanan gratis dalam jangka waktu yang lama, antara lain dot.tk (http://www.dot.tk) dan V3.com (http://www.v3.com). Kedua situs tersebut menyediakan layanan URL forwarding atau alamat internet yang bertugas mem-forward ke alamat lain ketika pengunjung mengakses alamat tersebut. Untuk itu syaratnya Anda harus memiliki website terlebih dahulu sebelum mendaftarkan alamat yang diinginkan. Website yang Anda miliki dapat berupa situs gratis di Geocities, Tripod atau sejenisnya. Situs gratis tersebut merupakan lokasi aktual yang akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses alamat yang disediakan oleh V3.com dan dot.tk. Meskipun nama yang diakses pengunjung adalah http://www.andi.tk, lokasi website yang dibuka sebenarnya adalah http://geocities.yahoo.com/andi2005. Penentuan lokasi website tersebut akan ditanyakan pada salah satu proses pendaftaran. Anda dapat menggantinya jika suatu saat mengalami perubahan.

Dot.tk
Sesuai dengan namanya, dot.tk, situs ini memberikan domain gratis dengan akhiran tk di belakang alamat. Akhiran tk diambil dari sebuah pulau kecil bernama Tokelau yang berjarak 500 mil dari Samoa Barat.
Melalui situs ini, Anda diberikan kebebasan memilih nama apapun dengan akhiran tk. Misalkan jika Anda bernama Andi, terdapat kemungkinan alamat yang bisa Anda daftarkan adalah http://www.andi.tk. Namun ketersediaan alamat tersebut harus diperiksa terlebih dahulu. Jika ternyata telah digunakan oleh orang lain sebelumnya, maka Anda harus mencari alternatif yang lain. Terdapat 5 (lima) langkah untuk mendaftarkan domain yang diinginkan. Langkah pertama adalah memeriksa kemungkinan alamat yang diinginkan pada halaman depan situs dot.tk. Jika ternyata belum digunakan oleh orang lain, maka Anda dapat menggunakannya. Kemudian Anda juga akan diminta untuk memilih opsi layanan gratis atau berbayar. Jika gratis, maka tidak sepeserpun uang yang akan dipungut dari Anda. Namun bila berbayar, Anda akan dipungut biaya 9,95 dolar Amerika setiap tahunnya dengan fasilitas kebebasan dalam menambahkan jumlah sub domain pada setiap alamatnya.
Selanjutnya Anda akan diminta mengisi informasi mengenai jati diri Anda meliputi lokasi negara, alamat website aktual yang akan diakses ketika alamat tersebut dikunjungi, penggunaan kata kunci untuk mempermudah pencarian, alamat surat menyurat dan e-mail. Jangan salah dalam menuliskan alamat e-mail di formulir pendaftaran karena surat yang berisi konfirmasi dari dot.tk akan dikirim ke alamat e-mail tersebut. Tanpa e-mail tersebut, Anda tidak dapat me-registrasi alamat yang telah dipilih. Dalam waktu kurang dari 30 menit, Anda sudah dapat memiliki alamat internet yang Anda inginkan.

V3.com
V3.com merupakan salah satu dari sejumlah penyedia layanan free domain yang mampu bertahan sampai saat ini. Selain alamat gratis, V3 juga memberikan layanan web hosting, blog, album foto, dan game online. Semuanya dapat dimanfaatkan tanpa dipungut biaya. Sejak tahun 1996, V3 telah memberikan layanan alamat internet yang gratis dan terus menambahkan variasi alamat yang disediakan. Beberapa alamat yang ditawarkan antara lain all.to, back.to, browse.to, connect.to, flying.to, mypage.org, run.to, dan masih banyak lagi. Jika Anda bernama Andi dan memilih domain run.to, maka alamat yang akan Anda peroleh adalah www.andi.run.to. Meskipun tidak sependek nama domain komersial yang diinginkan, nama tersebut cukup mudah diingat dan tetap menampilkan jati diri Anda di dalam penulisan alamatnya.
Untuk bisa membuat sebuah alamat di V3.com, Anda diminta melalui 4 langkah sederhana, yaitu memeriksa kemungkinan nama yang tersedia dan dapat digunakan beserta batas waktu penggunaannya, memilih tambahan produk yang disediakan V3.com, serta mengisi informasi tentang jati diri Anda. Selanjutnya setelah proses tersebut selesai dikerjakan, Anda akan memperoleh email yang berisi konfirmasi persetujuan atas alamat yang dipilih. Apabila dibandingkan dengan dot.tk, lama waktu pengiriman email konfirmasi dari V3.com tergolong cukup lama. Selain itu, pemanfaatan alamat tersebut secara gratis hanya dibatasi sampai 1 tahun saja.

Di samping dot.tk dan V3.com, sebetulnya masih banyak situs yang menyediakan layanan sejenis antara lain www.freedomain.co.nr yang memberikan domain dengan akhiran co.nr, atau www.port5.com yang memberikan alamat internet dengan format nama-anda.port5.com. Dengan banyaknya variasi tersebut, semua pilihan kembali kepada Anda. Anda bebas memilih alamat internet yang gratis sesuai dengan keinginan.

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online