12 May 2009

NETBOOK DAN NOTEBOOK

Dalam beberapa tahun terakhir, netbook tampaknya telah memikat banyak user pengguna. Asus yang menjadi pelopor dengan EEE PC yang sukses menjadi netbook yang paling sukses dipasaran.

Netbook sebenarnya merupakan mini notebook yang dikhususkan untuk mempermudah user berkomunikasi melalui internet. Kemudahan dalam pengkasesan internet yang dimiliki oleh notebook. Tapi yang membuat netbook makin digemari adalah tingkat mobilitasnya yang lebih tinggi dibanding notebook. Hal ini dikarenakan ukuran netbook yang cukup kecil serta punya daya tahan baterai yang cukup lama.

Selain itu untuk harganya pun netbook cukup miring dibanding notebook. Banyak vendor notebook ternama sedang berlomba-lomba untuk memasarkan notebook mini ini dengan harga yang relatif terjangkau dan spesifikasi yang cukup memadai. Salah satu alasan yang membuat notebook mini ini menjadi incaran adalah adanya dukungan dari prosesor yang terkemuka, Intel yang saat ini mengandalakan Intel Atom.

Selain Intel, Via pun juga ikut bersaing untuk memperebutkan pasar netbook. Banyak juga vendor netbook yang menggunakan prosesor Nano bikinan Via. Untuk harganya pun Via Nano juga relatif lebih miring dibanding Intel Atom. Selain itu kemampuan Via Nano juga tidak kalah dengan Intel Atom.

Memang netbook ini merupakan notebook dasar yang hanya memiliki kemampuan untuk mengakses internet saja. Selebihnya adalah kemampuan office dasar saja. Jadi memang cukup beda dengan notebook yang mempunyai performa seperti komputer dekstop.

Tapi kemampuan akses internet yang cukup mudah inilah yang menjadi daya tarik netbook. Selainharga yang relatif terjangkau, netbook juga memiliki kemampuan mobilitas yang cukup tinggi karena ukurannya yang kecil. Dibawah ini adalah perbedaan mendasar antara netbook dan notebook.

NOTEBOOK

Notebook rata-rata mempunyai ukuran layar yang relatif lebih besar, yaitu ukuran antara 13-18 inci. Notebook juga dilengkapi dengan berbagai hardware yang mempunyai kemampuan setara komputer dekstop pada umumnya seperti wifi, kamera, DVD writer dan lainnya.

Prosesor yang digunakan pun juga mempunyai kemampuan yang setara dengan PC dekstop yang bisa mencapai kecepatan 2,4 GHz per secon. Prosesor notebook memang dirancang berbeda dengan prosesor PC dekstop, tetapi kemampuannya relatif setara dengan komputer dekstop.

Hardisk yang dipakai berukuran besar antara 120 GB – 250 GB, meski untuk perputaran rpmnya hardisk notebook masih kalah dengan hardisk notebook masih kalah dengan hardisk PC dekstop, tapi daya simpannya sudah hampir menyamai. Sedangkan RAM yang digunakan masih berkisar 1-2 GB.

Keunggulan dari notebook adalah performanya yang setara dengan PC dekstop sehingga bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa tinggi, atau untuk game. Selain itu notebook juga banyak yang dilengkapi dengan finger print, blurtooth, dan koneksi lainnya. Dengan segudang fitur tersedia maka tak heran bila harga notebook relatif cukup mahal.

NETBOOKnt2

Netbook sebenarnya adalah notebook yang berukuran kecil yang ditujukan bagi pengguna internet, karena base internetnya yang paling ditonjolkan. Dengan ukuran yang relatif kecil yaitu 7 inch sampai 10 inch, menjadikan netbook mudah untuk dibawa kemana saja, termasuk ke area hotspot. Netbook ini juga diharapkan mengganti fungsi notebook sebagai mobile internet device.

Karena ukuran yang relatif kecil, maka kelengkapan hardware yang di usung netbook cenderung banyak yang dikurangi, seperti DVD/CD. Untuk prosesor yang digunakan memang khusus prosesor netbook, seperti Intel Atom dan Nano Via, yang saat ini mempunyai kecepatan antara 1,8GHz. Prosesor ini berukuran mini yang dibuat khusus oleh Intel sebagai notebook prosesor yang berukuran kurang dari 5_5 mm.

Beberapa produsen netbook menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan yang mempunyai kapasitas antara 80-160 GB. Sedangkan beberapa vendor menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya. Sedangkan RAM yang digunakan masih berkisar 1-2 GB.

Keunggulan dari netbook ini adalah dengan ukuran yang kecil, dapat dimungkinkan dibawa kemanapun untuk surfing di internet. Bagi pengguna yang sering mengakses internet, baik untuk mengupdate blog atau yang suka dengan social network, maka netbook akan lebih membantu. Ukuran yang kecil dengan daya tahan baterai yang cukup lama adalah kelebihan netbook.nt3

Meski tidak didukung dengan drive CD/DVD, tapi user bisa menggunakan eksternal drive CD/DVD ayng bisa dicolokkan ke konektor USB.

Dari perbandingan di atas, baik notebook dan netbook mempunyai kelebihan masing-masing. Bila user hanya menginginkan kemudahan dalan internet saja, maka netbook adalah yang paling cocok, tapi bila user tadi menginginkan performa dengan konpatilibilitas yang tinggi, maka notebook adalah pilihannya.

sumber : komputek

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online