11 May 2009

Membuat Soal Ulangan dengan Menggunakan Program Macromedia Flash 8

Mungkin Anda juga punya pengalaman tersendiri dalam mengajar TIK di sekolahnya masing-masing, begitujuga dengan kami. Waktu perama kali kami mengajar computer tahun 1996 di SMPN 1 Garut, kami merasa malas kalau harus dihadapkan memeriksa soal-soal ulangan siswa apalagi kalau jumlah siswanya banyak sampai ratusan begitu. Dulu kami pernah mengalami seperti itu, dengan jumlah siswanya sampai 1400-san dan jumlah pengajarnya hanya satu. Jadi selain harus mempersiapkan materi berbentuk tiori dan praktek, yang harus diberikan kepada siswa juga harus memperbaiki kerusakan CPU, monitor dan diskdrive ditambah harus memeriksa soal-soal siswa kalau sudah ulangan itu sangat merepotkan sekali.
Dari kronologis seperti itu kami mulai berfikir bagai mana supaya memperingan pekerjaan kami tersebut. Salah satunya yang pertama kami rancang yaitu membuat soal-soal ulangan dengan menggunakan computer jadi bila selesai siswa mengerjakan langsuang tampil nilainya. Dulu pada tahun 1997-an kami waktu membuat soal-soalnya menggunakan program Turbo Basic, dengan bentuk soal yang dibuat berupa pilihan ganda dan isian. Tetapi setelah pindah ke kota Sukabumi sekitar tahun 2000-an kami mencoba membuat soal-soal ulangan dengan menggunakan Turbo Pascal.
Karena dengan program Turbo Basic dan Turbo Pascal sangat sulit untuk membuat soal yang ada gambarnya, kemudian sekitar tahun 2005 kami mencoba membuat soal-soal ulangan dengan menggunakan program Macromedia Captivate. Dengan mengunakan program tersebut (MC) sangat kumplit sekali fasilitas dan bentuk soal yang dapat kita buat. Tapi ada juga kekurangannya waktu dicoba dikomputer Pentium dengan spesifikasi processor 100Mhz, 16MB Ram lambat dalam proses tampilannya, tetapi kalau diatas Pentium II sudah cepat tampilannya.
Dengan kemajuan jaman dan program yang ada, sekitar tahun 2006 kami mencoba membuat soal-soal ulangan dengan menggunakan program Macromedia Flash 8, ternyata hasil compilernya bisa dibuka dikomputer dibawah Pentium satu dengan cepat tampilannya. Tapi ada juga kelemahannya untuk mempelajari programnya lumayan sulit bila dibandingkan dengan menggunakan program Captivate. Kelebihannya tadi bisa dibuka dikomputer di bawah Pentium I, dan kelebihan lainya memang masih banyak diantaranya membuat soal tidak perlu membongkat script, karena untuk membuat soal-soalnya bisa kita kerjakan dalam Notepad.

Contoh soal yang dibuat dengan menggunakan Program Captivate

contoh1
Contoh soal yang dibuat dengan menggunakan Program Flash
contoh2

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online